3 Hal yang harus dikuasai seorang Pemimpin


Setiap manusia dilahirkan ke muka bumi untuk mengemban amanah sebagai seorang pemimpin. Ada yang mendapatkan kesempatan memimpin sebuah negara, ada yang memimpin sebuah lembaga, ada juga yang memimpin sebuah oraganisasi, ada pula yang memimpin rumah tangga dan setidak-tidaknya seseorang adalah pemimpin untuk dirinya sendiri.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. QS. Al-Baqarah: 30

Sebagai seorang pemimpin sebuah organisasi atau kelompok tertentu, sudah barang tentu kita harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar bisa memimpin dengan baik pula. Seorang pemimpin harus mampu mengkomunikasikan setiap ide yang dimiliki kepada semua anggotanya. Ada tiga jenis komunikasi yang harus dikuasai, antara lain:

Pertama. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi.

Sudah menjadi tugas seorang pemimpin untuk memotivasi semua anggotanya agar bisa bekerja dan berbuat sesuai dengan visi dan misi organisasi. Apabila organisasi dihadapkan dengan sebuah masalah, maka pemimpin yang baik harus hadir memberikan dorongan kepada setiap anggota agar tetap bersemangat dan tidak menyerah dengan masalah tersebut.

Kata-kata yang keluar dari mulut seorang pemimpin adalah kata-kata positif yang mendorong dan menyemangatkan, seperti “kita pasti bisa”, “kita pasti melakukannya dengan baik” dan kalimat-kalimat posiif lainnya. Bukan justru mengeluarkan kata-kata negatif seperti “ini akan sulit”, “kita tidak bisa melakukannya” atau kalimat-kalimat negatif lainnya. Tugas pemimpin yang pertama adalah MEMOTIVASI.

Menyampaikan materi "Be a Great Leader" 
pada kegiatan Karantina Peserta Duta HIV AIDS Bengkulu

Kedua. Seorang pemimpin harus selalu menginspirasi.

Selain memotivasi dengan kata-katanya, seorang pemimpin yang Dahsyat juga harus menginspirasi dengan sikap dan tingkah lakunya. Seorang pemimpin harus menjadi contoh yang baik dalam setiap hal. Jika kita menginginkan sebuah organisasi diisi oleh orang-orang yang selalu ontime, maka pemimpin harus mencontohkannya terlebih dahulu dengan cara selalu datang lebih awal dalam setiap pertemuan.

Seorang pemimpin harus betul-betul dapat menjadi teladan, lalu menginspirasi dengan keteladanan itu. Seorang pemimpin harus mampu mencontohkan bagaimana cara memimpin rapat yang baik, mencontohkan bagaimana cara mengambil keputusan dengan baik, mencontohkan bagaimana menghargai orang lain dengan baik, dan lain sebagainya. Harus mampu MENGINSPIRASI.

Ketiga. Seorang pemimpin harus mahir berorasi.

Jika kita melihat di sekitar kita, maka kita akan seringkali menjumpai seorang pemimpin yang memiliki jabatan tinggi dalam sebuah lembaga atau organisasi, namun tidak memiliki kemampuan orasi yang baik. Betapa banyak kita temukan seorang pejabat yang menyampaikan sambutan dengan cara yang tidak apik. Berbicara di podium dengan intonasi yang monoton, berbicara sembari fokus kepada teks dan berbicara sendiri tanpa ada komunikasi yang baik dengan audiens. Apakah kita ingin memjadi pemimpin seperti itu?

Sebagai seorang pemimpin seharusnya kita juga memiliki kemampuan orasi. Kita bisa melihat pemimpin-pemimpin besar dunia yang berhasil mempengaruhi ribuan audiens dengan kemampuan orasinya. Maka kemampuan komunikasi terakhir yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin adalah SENI BERORASI.


0 Komentar