Bahaya Sedekah

Salam GOKIL Terdahsyat

Sudah sedekah hari ini?? Minimal sedekah senyum yaa.. yuk senyum dulu, mana senyum termanisnya?? Hehee

Sedekah adalah salah satu ibadah yang tidak bisa dihitung dan diperhitungkan menggunakan logika normal. Bagaimana tidak? Setiap kali kita menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk disedekahkan maka harta tersebut tidak akan berkurang sedikitpun, justru sebaliknya akan bertambah berlipat ganda.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Suatu hari saya sedang duduk santai di ruang kerja, beristirahat dari pekerjaan yang melelahkan mata karena harus berhadapan dengan perangkat komputer. Datanglah beberapa orang mahasiswa membawa beberapa lembar kertas yang sudah dijilid rapi. Dengan sedikit basa basi mereka menyodorkan sebuah proposal kegiatan. “Tolonglah kanda, dana kami masih kurang banyak”, karena teringat masa-masa kuliah dulu sayapun mengeluarkan dompet untuk membantu kegiatan mereka.

Saat saya lirik kedalam dompet, ternyata hanya ada tiga lembar penghuni terakhir dompet kesayangan. Dan tanggal gajianpun masih lama. (Hmmm, isi dompetnya gak pernah banyak, walaupun baru gajian.. hihii)

Dengan tenang saya menarik satu lembar keluar dari tempatnya lalu menyerahkan kepada mereka. (sengaja tak menyebutkan jumlah, hehe). Saya masih punya dua lembar tersisa.. Yapp..

Lima belas menit kemudian, datang lagi rombongan yang lain menemui saya di ruangan yang sama. Dan ternyata tujuannya pun tak jauh berbeda. Mereka juga menyodorkan hal yang sama, sebuah proposal untuk event lainnya. Saya berpikir sejenak karena isi dompet tinggal dua lembar. Mmmm. Saat melihat wajah mereka satu persatu hati sayapun luluh. Saya tarik satu lembar lagi lalu menyerahkannya.. “Semoga bermanfaat, maaf Cuma ada segitu” ucap saya singkat.
Buku Cara Ceat Jual Diri (gambarnya gak nyambung,, hhee)

Saat dompet sudah sangat tipis, disanalah Allah memperlihatkan kebesarannya. Hanya berselang beberapa jam, tepatnya sesaat setelah sholat ashar. Saya masih duduk di atas sajadah, usai menunaikan salah satu kewajiban sebagai seorang muslim. Lalu terdengar suara handphone berdering, sebuah panggilan dari nomor tak dikenal.

Singkat cerita ternyata yang menelpon saya adalah salah seorang kepala sekolah yang tidak bisa saya sebutkan identitasnya. Beliau meminta saya untuk mengisi sebuat pelatihan pengembangan diri di sekolah yang ia pimpin. Saya pun langsung meng-iya-kannya. Malam harinya saya berangkat ke lokasi acara dan semua berjalan dengan sangat baik. Saya pun pulang dengan sebuah amplop berisi bekali lipat dari yang saya sedekahkan siang harinya. “andai saya sedekahkan semuanya, pasti isi amplopnya akan lebih besar. Hihii. Alhamdulillah.

Ini adalah salah satu pengalaman yang membuktikan kepada saya sendiri tentang “bahaya sedekah”.

Saat kita sedekah 1.000, Allah akan membalasnya 2.000, kalau kita sedekah 500.000 akan dibalas 1.000.000, lalu kalau kita sedekah 50.000.000 maka akan dibalas 100.000.000. Tentu akan ada balasan dari tempat yang tidak terduka. Maha Besar Allah. 

Mari selalu berlomba-lomba untuk kebaikan..
Semoga bermanfaat.

4 Komentar

  1. Masyallah.. Sedekah yang paling baik adalah sedekah dikala kita sendiri justru butuh di sedekahkan.. Iya kan kak?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak belum berani ngomong gitu, belum sampai tingkat keikhlasannya.. hehee

      Hapus
  2. Kalo dompet yang 3 lembar tadi seratus ribu segalo, masih bisa tenang tu kak, hahahah

    BalasHapus