Jurus Gila Mengerjakan Skripsi

6 Jurus Gila Mengerjakan Skripsi:

Beberapa waktu terakhir, saya banyak mendapatkan curahan hati dari beberapa orang yang sedang laper (read: lelah perasaan) karena tugas akhir (skripsi) yang tak kunjung menemukan kata ACC. Begitulah rata-rata yang dialami mahasiswa semester akhir.

Pada moment-moment terakhir berada di kampus ini memang selalu membuat perasaan menjadi begitu sensitif, karena penelitian yang tak kunjung selesai, pembimbing yang susah ditemui hingga perbaikan dan penantian tiada akhir. Bahkan setiap kata yang berakhiran ‘si’ terdengar seperti kata skripsi, mulai dari kata redaksi, emosi, makasi, nasi, busi, taxi, hingga si si yang lainnya. Xixixi.





Tapi tenang gaes, kali ini saya aka membagikan beberapa jurus gila untuk menuntaskan kegalauan Anda tersebut. jurus yang juga saya gunakan saat menyelesaikan tugas akhir beberapa waktu yang lalu. Berikut saya bagikan secara gratis kepada Anda:

1. Why?

Setiap melakukan aktivitas, kita tentu harus mempunyai alasan kenapa kita melakukannya. Sebagai contoh, ketika makan pasti alasannya adalah karena lapar, kita akan minum jika sedang haus, kita juga akan tidur bila mengantuk. Tapi lebih jauh dari itu kita melakukan kegiatan tersebut (makan, minum dan tidur) untuk menjaga kesehatan supaya tetap prima. 

Pun begitu juga saat mengerjakan skripsi, kenapa kita harus menyelasikannya secepat mungkin? Tentu jawabannya supanya bisa lulus tepat waktu. Namun jauh lebih besar daripada sekedar lulus, seharusnya kita sadar bahwa ada orang-orang yang menantikan kita untuk menggunakan toga, berdiri dengan bangga dihari spesial yang biasa kita sebut wisuda. Orang-orang tersebut adalah mereka yang tanpa lelah mendo’akan kesuksesan kita, orang-orang yang dengan ikhlas memberikan cinta dan kasih sayang seutuhnya. 

Yapp.. merekalah orang tua, keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat yang harus kita bahagiakan. Ingat. Ada banyak orang yang menantikan saat-saat indah bernama wisuda tersebut. Jadikan itu sebagai alasan kenapa Anda harus menyelesai skripsi secepat mungkin.

2. Mari bercinta

Do what you like, like what you do. Begitulah sebuah kalimat motivasi yang sering kita dengar. Agar skripsi berjalan baik, kita harus menentukan tema yang pas terlebih dahulu. Proses mengajukan judul adalah saat yang juga sangat menentukan kelancaran skripsi yang kita susun. Kita harus memilih tema/judul yang benar-benar kita suka dan tentu juga kita kuasai dengan baik. Jika Anda jurusan biologi, jangan sampai memilih tema tentang robotik karena Anda tidak akan menguasainya dengan baik (yaa iya lah ya) hehe.. Anggap saja skripsi tersebut adalah pasangan hidup Anda, lakukan yang terbaik dan mari bercinta.. hihi.

3. Tugas masing-masing

Saya punya seorang senior ketika masih kuliah dulu yang membutuhkan beberapa tahun untuk menyelesaikan skripsinya, padahal saya hanya butuh waktu  kurang dari satu semester untuk menuntaskannya. Alasannya bukan karena tidak punya kemampuan, melainkan karena tidak tahan menghadapi dosen pembimbing yang katanya ‘killer’. 

Bagi Anda yang saat ini semester akhir barangkali juga menemukan saat-saat dimana pembimbing menjadi orang yang menjengkelkan dalam hidup Anda. Coretan demi coretan membuat banyak orang frustasi dibuatnya. Teman-teman, yang harus Anda ketahui adalah tugas Anda dan dosen pembimbing memang berbeda, tugas Anda adalah menyelesaikan skripsi sebaik mungkin sedangkan tugas dosen pembimbing dalah memberikan coretan sebanyak dan sesering mungkin. Hehee. Oleh sebab itu Anda harus tetap fokus pada tugas Anda dalam menyelasikan skripsi, jangan mengganggu tugas dosen pembimbing Anda. Joss. Kerjakan saja..

4. Membaca Tulisan dokter

Ketika bimbingan dulu, saya mendapatkan seorang dosen pembimbing yang mampu menulis seperti seorang dokter. Anda tahu tulisan dokter? Yaa, tulisan yang maknanya hanya diketahui oleh Allah dan dirinya sendiri. Jika Anda juga menemukan hal yang sama seperti saya, sebaiknya Anda ikuti apa yang saya lakukan. Suatu hari saya menemui dosen pembimbing untuk mengoreksi naskah yang saya bawa. Beliau membaca naskah ‘suci’ tersebut dan memberikan banyak coretan beserta ceramah panjang. Sesampainya dirumah saya kembali membuka naskah tersebut dan alhasil tidak ada satu coretanpun yang bisa saya baca karena tulisannya tidak jauh berbeda dengan tulisan resep seorang dokter. 

Belajar dari pengalaman berharga tersebut saya punya jurus jitu yang selalu saya pakai saat bimbingan. Jurus tersebut saya sebut JSS (Jurus Sedot Suara) caranya sederhana, setiap kali bimbingan saya membekali diri dengan sebuah senjata yang sangat berjasa (sound recorder), fungsinya adalah merekam semua ceramah yang diberikan dosen pembimbing sembari menggambar di naskah skripsi yang saya bawa. Mantap.. Pada akhirnya walaupun saya tidak paham tulisannya minimal saya bisa mendengar rekaman suara sebagai acuan dalam perbaikan naskah.

Jangan pernah sebutkan kalimat haram “tidak punya waktu” ini, karena setiap orang diberikan waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam, tidak ada yang lebih atau kurang. Atau alasannya karena sibuk? Setiap orang juga punya kesibukan,bukan hanya Anda yang sibuk. Alasan yang benar adalah karena Anda belum ”mementingkan” skripsi tersebut. Sebenarnya apa kesibukan Anda? Sibuk kerja? Banyak teman-teman saya yang menyelesaikan skripsi sembari bekerja dan mereka santai-santai saja. Atau sibuk dengan organisasi? Saya juga sibuk dengan organisasi pada saat menyelesaikan skripsi, tapi saya bisa tetap selesai tepat waktu. So, tidak ada alasan menunda-nunda. Kerjakan sekarang juga.

6. Jadilah pejuang

Kenapa banyak orang besar yang namanya masih dikenal dan jasanya masih dikenang sampai saat ini? Sebut saja contohnya Soekarno, RA Kartini, Kapitan Patimura adan masih banyak lagi tokoh besar lainnya. Alasannya sederhana, karena mereka dalah seorang pejuang yang pantang menyerah. Jika Anda ingin menyelesaikan skripsi dengan baik, Anda juga harus menjadi seorang pejuang. Jangan pernah menyerah dengan coretan-coretan, tetap strong mengejar kata ACC. Bravo.. hehee. 

Saya sendiri menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan naskah skripsi, datang ke kampus sejak pukul 07.00 hingga pukul 18.00 hanya untuk bertemu dosen pembimbing yang super sibuk.  Ingatlah bahwa hasil tidak akan pernah mengecewakan usaha. Semoga berhasil!!

Selamat berproses dengan 6 jurus yang saya bagikan. Kejar terus kesusksesan Anda. Asyik-asyik joss.

3 Komentar

  1. Biasanya yang nulis juga lebih gila daribpostingannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang-kadang kita memang harus berpikir dan bersikap "gila".. hehee

      Hapus
  2. Berjuang sekuat tenagaa šŸ™‹

    BalasHapus